Jumat, 13 Mei 2016

TIPS CARA MERAWAT KAMPAS REM MOTOR AGAR AWET





Tips Cara Merawat Kampas Rem Motor Agar Awet. Membersihkan, menyetel, service, dan ganti kampas rem agar pakem merupakan pekerjaan yang mutlak dilakukan. Bagian rem sangat kritis terhadap keselamatan penumpang dan pengendara. Bila kondisi rem tidak baik, maka akan sangat berbahaya saat dibawa di jalan raya.
Kampas rem telah menjadi salah satu komponen yang paling sering diganti dan mengeluarkan biaya cukup besar setiap kali merawat kendaraan di bengkel. Namun tahukah anda bahwa usia kampas rem dapat diperpanjang dengan sedikit perawatan yang dapat dilakukan sendiri?
Tips Cara Merawat Kampas Rem Motor Agar Awet ini disajikan secara sederhana untuk memberikan gambaran cra merawat bagian kendaraan ini, sehingga kondisi rem dalam keadaan maksimal.
Tips Cara Merawat Kampas Rem Motor Agar Awet
Tips Cara Merawat Kampas Rem Motor Agar Awet

Tips Cara Merawat Kampas Rem Motor Agar Awet

Seperti yang telah di sebutkan di atas, kampas rem dapat diperpanjang usianya selama pemakaian, sehingga jika dipergunakan untuk pengereman, dapat memberikan daya cengkram yang maksimal. Ini juga berarti perawatan motor dapat lebih efisien dibandingkan dengan kampas rem yang tidak dirawat.
Terdapat beberapa Tips Cara Merawat Kampas Rem Motor Agar Awet yaitu:

Bersihkan Permukaan Kampas Rem

Masalah yang paling sering ditemui adalah permukaan kampas rem kotor. Hal ini disebabkan oleh banyaknya debu yang terdapat di jalan selama kendaraan dipergunakan. Debu tersebut jika tidak dibersihkan, akan menjadi sebuah lapisan yang menghalangi permukaan kampas rem dengan tromol. Akibatnya daya pengereman akan berkurang.
Kondisi ini juga menyebabkan terjadinya slip saat melakukan pengereman. Slip yang terjadi akan menimbulkan panas yang lebih tinggi, sehingga kanvas rem akan cepat rusak.

Memeriksa Kondisi Tromo

Tromol harus selalu dibersihkan dari kotoran, debu, oli dan berbagai bahan yang tidak seharusnya berada di sana. Kondisi permukaan tromol yang bersih akan memberikan kemampuan pengereman yang lebih baik. Kondisi tromol yang bagus akan terasa saat melakukan pengereman.
Kondisi tromol rem yang kotor akan terasa saat terjadi pengereman. Namun hal ini hanya diketahui oleh seorang pengendara yang telah berpengalam.
Bagi yang belum terlalu sering mengendari motor, hal ini mungkin tidak dapat dirasakan getarannya. Namun, dengan melakukan pembersihan, maka kondisi permukaan tromol yang bergelombang tidak perlu terjadi.
Membersihkan Selang Dan Kapilier
Bersihkan kapiler maupun pin fleksibelnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan tekanan pengereman yang merata pada permukaan kampas rem.
Melakukan Penyetelan Celah Rem
Lakukan penyetelan tinggi rem, sehingga pengendara tidak perlu terlalu dalam melakukan pengereman. Kampas rem yang sudah tipis harus distel kembali agar tidak memiliki jarak pengereman yang terlalu dalam, sehingga menginjak rem menjadi sulit dilakukan.
Memberikan Pelumasan Bearing.
Bearing roda harus sering diberi pelumas secara teratur. Dengan melakukan pelumansan, maka kemungkin speling pada bearing dapat dihindari. Kondisi bisa membantu mencegah piringan cakram bergesekan dengan kampas rem.
Jaga Jarak Aman
Kebiasaan mengendarai kendaraan dengan menjaga jarak kendaraan dengan kendaraan di depannya. Semakin jauh jarak yang dipertahankan, maka semakin jarang kita melakukan pengereman.
Bahkan cara ini selain bisa menghemat rem dipastikan juga bisa menghemat pemakaian bahan bakan.
Kebiasaan mengendarai kendaraan ini sengaja dimasukan sebagai tips cara merawat kampas rem motor agar awet karena merupakan cara yang paling mudah dilakukan. Perbaiki kebiasaan mengendarai kendaraan bermotor.
Manfaat yang telah disebutkan di atas tidak hanya pada rem saja. Dengan menjaga jarak antara kendaraan, maka terdapat beberapa keuntungan yang dapat diperoleh antara lain:
  • Tidak perlu melakukan pengereman mendadak
  • Lebih aman saat jalan dalam keadaan licin
  • Rem lebih awet dan tahan lama
  • Lebih nyaman bagi penumpang karena tidak terkaget-kaget
  • Menghemat bahan bakar.
  • Menghemat penggantian ban luar karena gesekan akibat pengereman mendadak akan berkurang.
  • Kondisi rantai lebih awet karena tarikan awal tidak perlu terus menerus dilakukan.
Tips Cara Merawat Kampas Rem Motor Agar Awet ini dihimpun dari berbagai sumber terpercaya agar memberikan manfaat yang maksimal bagi pembaca.
Dapatkan juga tip-tip perawatan motor dan kendaraan lainnya lebih lanjut dari kami, sehingga kendaraan anda dapat difungsikan secara maksimal. Semogo bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar